artikel nuy..

ada apa dengan santri sekarang?

Hidup di jaman sekarang memang harus ekstra hati-hati. Bagaimana tidak. Hidup sudah seperti tak ada aturan lagi. nah, untuk kalian-kalian yang "terlindungi" di ponpes,, bersyukurlah. Bisa "terseamatkan dari efeknya dunia luar sungguh beruntung. sayangnya, tak banyak yang menyadari itu. termasuk santri sendiri.
Pondok pesantren di Indonesia tak terhitung lagi jumlahnya. santrinya juga meluber kemana-mana. Santri dari zaman ke zaman jauh berbeda keadaannya. santri sekarang jauh sekali dengan santri era 90-an. tak usah jauh, santri sekarang jauh berbeda dengan santri lima tahun lalu.
apalagi di dukung dengan masuknya teknolgi di kawasan pesantren.
sebenarnya perubahan itu dapat dilihat dari banyak segi. kali ini, santri lebih condong berubah dari segi sikap dan etika.
tawadhu' santri sekarang berkurang, sikap hormat dan lain-lain. semua mulai berkurng seiring zaman yang terus menunjukkan kemajuannya.
bahkan, parahnya. pacaran pun ada yang sudah mengnggap biasa. riset saya menyebutkan ada beberapa pondok modern yang pengasuh ya mengizinkan santrinya untuk nge-date. na'udzubillah...
inilah yang patut untuk diperhatikan semua pihak. generasi kita sudah banyak yang terjerumus. hati"lah.. santri yang diharapkan sebagi tonggak perbaikan iman dan akhlak. haruskah mereka ikut terjembab?

0 komentar: